Catatan Kuliah Lapangan Part 2: Tour Jogja


PhotoGrid_1464608405649

Intro

Selamat malam,

Setelah bangun tidur dengan rasa setengah hati, saya terpaksa harus mandi dan beres-beres mess mulai dari pukul 4 pagi. Rencana awal, rombongan berangkat ke Jogja kurang lebih pukul 5 pagi, telat-telatnya pukul 5.30 . Kami hanya sehari semalam di Madiun dan harus melanjutkan perjalanan lagi ke Jogja untuk mengunjungi Akademi Angkatan Udara (AAU) RI.

Untuk intro sepertinya tidak akan ada banyak hal yang bisa diceritakan. Di dalam bus pun saya tidur pulas buat pelampiasan gara-gara semalam tidur kurang tenang. Oh iya, karena ini part terakhir saya mau ngasih fun fact di tengah-tengah cerita dan tidak ada fakta-fakta lagi ditaruh akhir karena sepertinya kurang pas saja hehe, biar pas akhir kesan pesan bisa dibuat dramatis. Langsung saja:

Fun fact 1: Selama perjalanan Madiun-Jogja, terutama perbatasan Jatim-Jateng di Ngawi-Karangangar (No arogansi kabupaten ya gaes!, ga bermaksud menjelek-jelekkan) jarang kami menemukan SPBU untuk sekedar buang air kecil. Saking susahnya banyak orang yang air buangannya  sudah berada di ujung tanduk, contohnya si Hans. Pernah ada SPBU tapi kelewat sama pak supir gara-gara papan pemberitahuan SPBU jaraknya sekitar kurang dari 50 meter. Mungkin karena bus melaju kencang, belum sempat di-deccelerate, belum lagi konsentrasi supir terganggu oleh para penumpang yang ribut-ribut gajelas . Yasudah.

Fun fact 2: Karena jalur ke Jogja ini melewati Karanganyar, ada salah satu anggota rombongan, namanya Yulis, yang daerah asalnya adalah Karanganyar. Dengan bangga dia menunjukkan betapa indah dan majunya Karanganyar, dari statement yang dia ucapkan seakan dia bilang bahwa “I’m proud to be Karanganyarian (maksa sekali bahasanya)“. Kata Yulis di Karanganyar sekarang maju,karena sudah ada fly-over, namun sayang sekali jalur ke Jogja tidak melewati nya. Semangat yuls!.

Singkat cerita rombongan tiba di AAU sekitar 11.30 WIB. Berhubung saat itu adalah hari Jumat, maka buat yang laki-laki dan muslim melaksanakan sholat jumat dahulu kemudian dilanjutkan dengan kunjungan.

Sesi Siang: Menguak Menguak Sisi Lain AAU

Setelah semua selesai sholat dan makan, akhirnya rombongan menuju sebuah ruangan mirip kelas (sepertinya memang ruang kelas haha) untuk disambut oleh beberapa pejabat di AAU. Sebenarnya tujuan kuliah lapangan di sini tidak lepas dari tujuan di tempat sebelumnya yaitu di Iswahyudi AFB, karena di AAU ini juga nantinya mencetak para calon penerbang dan teknisi di TNI-AU yang bakal mengisi skadron di tiap-tiap airforce base TNI-AU di seluruh Indonesia.Intinya dengan kunjungan ini kami dapat tahu tentang pendidikan di AAU dan kehidupan taruna yang ada di sana.

Pertama kali masuk ruangan rasa tegang tidak begitu besar dibanding dengan pertama kali disambut di Iswahyudi. Walaupun awal acaranya agak kaku tapi perlahan mencair. Awal acara dibuka oleh sambutan dari pejabat AAU mewakili Gubernur AAU. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan AAU oleh tiga orang taruna. Jadi AAU ini mempunyai program studi juga, ada 3 program studi yaitu Manajemen Industri, Teknik Elektro, dan Teknik Aeronotika. Selama ini AAU juga memiliki MoU dengan ITB untuk menyekolahkan para lulusan AAU ini ke ITB. Tidak heran kalau banyak mahasiswa ITB yang berasal dari AAU ini, terutama yang masuk ke prodi Aeronotika dan Astronotika.

Fun fact 3: Sebenarnya tidak tahu apakah ini fun atau tidak hehe. Kehidupan taruna merupakan kehidupan yang penuh aturan dan kedisiplinan. Semua hal dari jadwal harian, mingguan, sampai waktu makan pun diatur. Pola makan juga diatur agar asupan gizi tetap baik. Makanya jika kalian melihat para taruna-taruna ini mempunyai badan yang proporsional, sehat, dan kuat.

Fun fact 4: Dua di antara tiga taruna yang mengenalkan AAU ke kita mempunyai hubungan teman satu sekolah dengan dengan mahasiswa AE 2012. Satu taruna adalah teman satu SMA nya Kunto , dan satunya lagi merupakan teman SMP nya Inas.

Fun fact 5: Tiga taruna yang menjelaskan seluk beluk AAU kalau di-ekivalenkan dengan sistem pendidikan di ITB, mereka merupakan mahasiswa tingkat 3. Seperti hal nya kita, sekali mahasiswa tetap mahasiswa pasti ada hal-hal nakal dikit, walaupun jelas bedanya antara mahasiswa biasa dan taruna. Terlihat  di beberapa kesempatan mereka bercerita tentang berbagai strategi untuk berusaha mendapatkan hal yang lain di luar aturan contohnya saat ada yang bertanya tentang bagaimana mendapatkan makanan ketika tiba-tiba lapar di jam-jam bukan untuk makan, terlihat bagaimana menyusun strategi dan beberapa “kenakalan” yang dibuat untuk mengakali kelaparan tersebut. Seperti biasa jiwa muda tetap ada hehe. Tapi, walau nanti ketahuan harus berani buat tanggung jawab dan menanggung konsekuensi yang besar.

Berikut foto-foto yang diambil di sekitar AAU

Jpeg

MK-53 Hawk yang dijadikan Monumen

Jpeg

Gedung Suryadarma

Tour di AAU ini dilakukan di dalam bus sambil jalan menuju pintu keluar. Sebelum menuju pintu keluar rombongan mampir dulu ke koperasi untuk membeli barang-barang menarik. Setelah puas borong souvenir AAU rombongan bergerak menuju Hotel Citra.

Sesi 2: Reuni dan Tour Jogja

Sebenarnya bagian dari kulap yang paling ditunggu-tunggu adalah menghabiskan waktu semalaman di Jogja. Karena belum ada sesi senang-senang berwisata ria di kulap maka waktu setibanya di Hotel adalah mulai waktu bebas, yey!. Rombongan tiba di hotel sekitar pukul 16.00 WIB kemudian drop barang ke kamar masing-masing.

Ini merupakan kesekian kali saya berwisata di Jogja. Namun seringnya saya berwisata di daerah pantainya bukan di daerah kota seperti sekarang. Destinasi terdekat adalah Jalan Malioboro yang jaraknya sekitar 4 km dari Hotel. Lumayan jauh apabila jalan kaki, mungkin butuh waktu minimal 1 jam-an kalau jalannya cepat tanpa ada ngobrol dan lirik kanan-kiri.

Awalnya saya cuma ingin ikut-ikutan rombongan kalau ada yang mau jalan, tapi ternyata tiap orang bikin rombongannya sendiri. Saya pun bermaksud untuk berencana ikut salah satu rombongan dan berinisiatif mencari informasi angkutan umum di Jogja yang akan melewati Jalan Malioboro. Berhubung saya punya teman banyak di Jogja hehe, akhirnya saya tanya saja ke mereka di grup Whatsapp. Alhamdulillah banyak yang merespon. Ternyata ada temen juga yang kosannya dekat di hotel citra, akhirnya kita memutuskan untuk ketemuan sekaligus reunian hehe.

Saya membuat janji dengan teman-teman di Jogja untuk bertemu setelah sholat maghrib di tempat makan Mr Cabe di depan Hotel Citra.

Jpeg

Aan (UGM) dan Yana (UIN Sunan Kalijaga)

Saat itu yang bisa bertemu adalah Aan dan Yana. Kita bertiga merupakan alumni Sanlat MataAir Pati 2012, khusus Aan adalah teman sekelas pas masih sekolah. Berhubung semua nya adalah anak tingkat akhir maka obrolan kita tidak jauh-jauh dari skripsi dan wisuda haha. Tentunya banyak hal yang kita obrolkan terutama pertanyaan-pertanyaan saya tentang Jogja. Setelah cukup ngobrolnya, mereka berdua menawarkan saya untuk mengunjungi beberapa landmark Jogja seperti Jalan Malioboro dan Tugu Jogja.

Jpeg

Perempatan BNI , Pos Indonesia, dan Jalan Malioboro

IMG-20160527-WA0005

Masih di perempatan

IMG-20160527-WA0009        IMG-20160527-WA0008

Tugu Jogja

Fun fact 6: Saat di Tugu Jogja, saya sempat bertemu orang Bandung, laki-laki, yang juga lagi berwisata. Alamat Bandung nya dari Buah batu. Kami bertiga sempat meminta bantuannnya untuk mengambil foto kami di depan Tugu. Lalu kami terlibat obrolan basa-basi seperti ini:

Mas-masnya: Kalian bertiga wisatawan juga?

Yana& Aan: Oh bukan, yang wisatawan sih dia (sambil nunjuk saya)

Saya: Asal mana mas?

Mas-masnya: Dari Bandung

Saya: Saya juga dari Bandung hehe, Bandung nya daerah mana ? Di sini sendiri?

Mas-masnya: Saya dari Buah batu, nyampe di Jogja tadi pagi, saya engga sendiri kok..saya bareng pacar saya (sambil nunjuk pacarnya), tapi pacar saya orang Bekasi.

Saya: Oh, saya juga ga sendiri kok Mas (tiba-tiba muncul rasa gamau kalah), tadi bareng rombongan se-bus (tapi gatau pada kemana aja..sedih).

Seakan saya ini sendiri dan terpisah dari rombongan orang-orang lainnya.Bagaikan anak ayam ditinggal induknya.

Fun fact 7: Saat beli oleh-oleh Bakpia 25 di Jalan Joyonegaran, ternyata di sana boleh mencicipi bakpia nya, yey!, yang nawarin mbak-mbak pegawai sana.Awalnya nanya “Mbak bakpia nya ada rasa apa aja ya?”, terus si mbak nya bilang “Ada original, keju, coklat, nanas”,lalu tiba-tiba nawarin “ini ada yang masih anget mas kalau mau nyoba”. Awalnya ragu sih (sok jaim-jaim gitu) tapi juga akhirnya nyoba. Sambil makan saya balik nanya “Mbak ini rasa apa ya?”, lalu mbak nya jawab “oh ini RASAHMBAYAR (indo: gausah bayar) Mas hahahaha”, kok mbaknya jayus banget sih krik-krik -_-. Jadilah ini pertama kali pengalaman dijayusin cewe di depan muka sendiri.

Fun fact 8: Selama mengunjungi Malioboro dan Tugu, saya tidak menemukan satu orang pun anak AE2012 yang sedang jalan atau santai-santai di sana.

Fun fact 9: Jadi sekitar pukul 11 malem di hotel sedang ada rame-rame nge-bully si Eva. Ceritanya nih, Eva ini jalan bareng anak-anak AE2012 yang lain. Nah, pada suatu saat si Eva ini ketemu sama temen-temennya juga dan ijin ninggalin rombongan yang sedang jalan kaki buat pulang. Lalu kenapa dia di-bully? Karena ketika dia bareng temennya, dia sedang dibonceng pakai motor dan mereka lewat di depan rombongan sambil si Eva ini dadah-dadah buat duluan. Kan yang lagi jalan ini pasti kesel ya? Udah capek dan merasa dikhianati ahahaha. (Untung saya pas jalan-jalan tidak ketemu anak AE, karena saya juga keadaannya dibonceng motor)

Ending

Secara keseluruhan, kuliah lapangannya menyenangkan tapi agak kecewa karena di Jogja nya kurang lama hehe. Pengennya kalau ada waktu yang cukup kan bisa pergi ke pantai, walaupun jauh. Bagi saya banyak pengalaman yang bisa saya ambil, saya juga bersyukur bisa mendapat kesempatan bersilaturahmi dengan teman-teman saya di Jogja walaupun tidak semuanya bisa menemani.

Kuliah lapangan ini sekaligus jadi acara angkatan terakhir di angkatan Aeronotika dan Astronotika (AE) 2012. Karena kami sudah di ujung semester terakhir di ITB sebelum lulus menjadi sarjana. Mungkin kedepannya bakal ada kumpul-kumpul angkatan lagi kalau ada yang resepsi nikah atau temu alumni penerbangan.Semoga :).Alhamdulillah kami semua tiba di Bandung pada sabtu malam pukul 22.00 WIB, semuanya siap untuk kembali beraktifitas seperti biasa di esok harinya.

Terima kasih buat yang sudah membaca dari part 1, jangan lupa kritik dan sarannya. Silakan like, share, atau subscribe kalau dirasa perlu haha.

Have a nice day!

Part 1

Extra Story

PhotoGrid_1464610979075

Advertisements

One thought on “Catatan Kuliah Lapangan Part 2: Tour Jogja

  1. Pingback: Catatan Kuliah Lapangan Part 2: Tour Jogja – Sahabat Zammir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s