Aku Masuk ITB 2014


ImageITB mahal? ITB hanya buat orang kaya? Susah masuk ITB?. Penjelasan berikut semoga bermanfaat

– Jelasin dong sekilas tentang ITB?

Institut Teknologi Bandung merupakan kampus teknik tertua di Indonesia. ITB berdiri tahun 1920 dengan nama “Tehnische Hoogeschool te Bandoeng”. Nama ITB baru diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959, pada tanggal itulah acara dies natalis ITB diselenggarakan.
ITB memang dikenal dengan sekolah para insinyur. tetapi, seiring perkembangan jaman, ITB sekarang menjadi kampus dengan pendidikan berbasis Sains, Teknologi, dan Seni.
ITB mempunyai dua kampus yaitu di jalan Ganeca no 10 , dan di jalan Winaya Mukti no.1 Jatinagor Sumedang

– Di sana ada fakultas apa aja?

di ITB terdapat 12 Fakultas yaitu:
a. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
Teknik Kimia, Teknik Industri, Fisika Teknik, dan Manajemen Rekayasa Industri . Info yang lebih lanjut silakan di buka di http://www.fti.itb.ac.id.
b. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
. Nah, di fakultas ini ada empat jurusan yaitu Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Metalurgi, dan Teknik Geofisika.
. Info lebih lanjut di http://www.fttm.itb.ac.id.
c. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
. Disini ada tiga jurusan yaitu Teknik Mesin, Aeronotika & Astronotika,dan Teknik Material. Cocok buat yang suka pelajaran fisika mekanika. Info di http://www.ftmd.itb.ac.id.
d. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
Ada lima jurusan yaitu Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Kelautan, Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, dan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan. Info lebih lanjut di http://www.ftsl.itb.ac.id.
e. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
Ada empat jurusan yang ada yaitu Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Geomatika, Meteorologi, dan Oseanografi. Info lebih lanjut di http://www.fitb.itb.ac.id.
f. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Ada empat jurusan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Astronomi.
Info di http://www.fmipa.itb.ac.id.
g. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Ada lima jurusan yang ada yaitu Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Desain Interior, dan Kriya. info di http://www.fsrd.itb.ac.id.
h. Sekolah Arsitektur , Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
Ada dua jurusan yaitu Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota. Info http://www.sappk.itb.ac.id
i. Sekolah Farmasi
Ada dua jurusan yaitu Sains dan Teknologi Farmasi (STF) dan Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK).info di http://www.fa.itb.ac.id.
j. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
Ada empat jurusan yaitu Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Tenaga Listrik, dan Sistem Teknologi Informasi. Info di http://www.stei.itb.ac.id.
k. Sekolah Bisnis dan Manajemen
Ada dua jurusan disini yaitu Manajemen dan Kewirausahaan. Info lebih lanjut di http://www.sbm.itb.ac.id.
l. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
SITH jalur masuknya dibagi menjadi dua program yaitu program Sains dan Rekayasa. untuk program Sains ada dua jurusan yaitu Biologi,dan Mikrobiologi. Program rekayasa ada tiga jurusan yaitu Rekayasa Hayati (Bioengineering), Rekayasa Kehutanan, dan Rekayasa Pertanian. info di http://www.sith.itb.ac.id .

– Wah, banyak banget jurusannya. Saya ingin masuk Teknik Mesin nih, gimana cara daftarnya kak?
Nah, cara memilih jurusan di ITB berbeda dengan di Perguruan Tinggi lain. Misalkan kalau di Perguruan tinggi lain kalian langsung memilih jurusan yang kalian inginkan. Kalau mau daftar di ITB, kalian memilihnya BUKAN jurusan melainkan memilih FAKULTASnya.
Contoh nih, tadi kamu ingin masuk Teknik Mesin. Yang kamu pilih pas daftar nanti tidak jurusan Teknik Mesin melainkan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD).
kapan kita masuk jurusan? yaitu saat kita semester tiga.Selama setahun kita akan melaui Tahap Persiapan Bersama (TPB)

– Jalur masuk ITB cuma buat anak program IPA saja ya?, teman saya yang anak IPS, Bahasa, dan SMK banyak yang ingin masuk ITB soalnya
Jalur masuk ITB itu ada dua yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN (ujian tulis).
Untuk jalur SNMPTN(Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), yang program IPA dapat mendaftar di SEMUA FAKULTAS.
Untuk siswa program IPS hanya dapat memilih FSRD (Fakultas Seni Rupa & Desain) dan SBM ( Sekolah Bisnis & Manajemen).
Untuk siswa program Bahasa dan siswa SMK hanya dapat memilih FSRD (Fakultas Seni Rupa & Desain).
Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) atau biasa kita sebut ujian tulis. Pada SBMPTN ini terdiri dari dua kelompok ujian yaitu SOSHUM (Sosial Humaniora) dan SAINTEK (Sains & Teknologi).
Untuk fakultas seperti FTI, FTTM, FTMD, FTSL, FMIPA, SF, SAPPK, STEI, FITB, SITH-Sains, SITH-Rekayasa masuk ke dalam kelompok ujian SAINTEK.
Untuk fakultas seperti FSRD dan SBM masuk ke dalam kelompok ujian SOSHUM.
Buat anak SMK yang ingin masuk jurusan teknik disarankan banget untuk ikut SBMPTN.
Tidak akan ada jalur lain selain SNMPTN dan SBMPTN.
info lebih lanjut di usm.itb.ac.id

– Oke, kalau biaya masuknya nanti katanya mahal banget ya?
Untuk tahun masuk 2014, ITB TIDAK MENARIK UANG PANGKAL. Jadi biaya nya dijadikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang besarnya 10 juta dibayarkan tiap semester. Jika memang tidak mampu membayar sebesar itu, bisa mengajukan keringanan mulai dari 20% hingga 100 %. Jangan takut masuk ITB, karena sekarang tidak ada bayar uang apapun saat masuk ITB.

– Saya masih takut nih buat masuk ITB, takut biaya hidup mahal, dan orang tua saya tidak mampu membayar uang kuliah nya.
ITB menyediakan banyak sekali beasiswa. Terutama beasiswa BIDIKMISI. Beasiswa ini merupakan program bantuan dana dari pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) kepada mahasiswa yang punya potensi akademik dan kurang mampu secara ekonomi. Tahun 2013 kuota Bidikmisi ITB sebanyak 800 orang. Kalian akan mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar 950 ribu rupiah per bulan hingga 4 tahun dan mendapatkan pembinaan karakter. Info tentang pendaftaran bidikmisi dapat di buka di web http://bidikmisi.kemdikbud.go.id/.
Selain itu ada lagi seperti BIUS (Beasiswa ITB Untuk Semua) di http://www.itbuntuksemua.com , dan puluhan beasiswa baik dari pemerintah maupun perusahaan jika kita telah berhasil masuk ITB. Jangan takut untuk tidak dapat beasiswa di ITB karena disini terdapat orang-orang yang siap membantu apabila ada masalah. Faktanya tidak ada mahasiswa yang di DO karena tidak kuat membayar biaya kuliah.

– Susah gak sih masuk ITB?

Data memang menunjukkan bahwa rasio yang terima masuk ITB bisa sampai 1:25. Tetapi kita tidak tahu jika kita tidak mencobanya. Untuk mendapat sesuatu yang kita inginkan, kadang ada suatu kompetisi. Yakinkan diri kalau kamu bisa. Ada sebuah kata mutiara yang berbunyi, “Tidak ada mimpi yang terlalu besar, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit”. Jadikan mimpi kalian sebagai motivasi kalian untuk berusaha lebih baik. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah langkah awal menuju keberhasilan. Ayo persiapkan diri dari sekarang dengan belajar dan berdoa, kami disini yakin kalian adalah calon putra-putri terbaik bangsa yang akan menjadi mahasiswa ITB. Kami tunggu kalian di kampus ITB, tetap semangat ya!!!

– Mulai sekarang aku akan berusaha keras dan ingin bergabung dengan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia di ITB.Doakan aku ya !! makasih atas penjelasannya, Aku Masuk ITB 2014 menggapai cita, setinggi angkasa..yes!!
Info lebih lanjut:
Facebook: grup: Aku Masuk ITB
fanpage: Aku Masuk ITB
Twitter: @AkuMasukITB
Website: akumasukitb.com

Advertisements

78 thoughts on “Aku Masuk ITB 2014

  1. Anwar

    untuk penjelasan mas di atas,,ips hnya bisa masuk jurusan tertentu ?
    apakah ips bisa masuk di teknik perminyakan ?
    tlong mas penjelasannya

    Reply
      1. tommy adam

        Kalo lewat jalur prestasi bisa ga.. Soalnya saya bulan mei kemarin juara 2 tehnik gambar mesin tingkat propinsi

  2. septi maftuhah

    Kak kalo yang jurusan farmasi itu boleh gak dari SMK ? Soalnya pngen bnget msuk farmasi tpi aku dri SMK 😦

    Reply
  3. septi maftuhah

    Syarat2 masuk itb fakultas farmasi itu apa aja kak? Trus yg jalur SBMPTN itu tes tertulis ya kak?

    Reply
      1. zammirribah Post author

        Belum tahu jelas, aturan yg baru mungkin keluar saat penerimaan maba 2014. Yg penting skrg fokus semangat untuk masuk ke itb 🙂 dan terus update ya

  4. Doni Zenisa

    Syarat SMTA untuk masuk FTI (Tek Fisika) di SBMPTN 2014 adalah 1 (SMA IPA) dan 4 (SMK yang Relevan). Saya dari SMK Jurusan TKJ, apakah saya bisa masuk ke FTI? Mengingat tidak ada jurusan di SMK yang spesifik untuk Fisika. Namun Fisika menjadi pelajaran wajib bagi Kelompok SMK Teknik.
    Terima kasih.

    Reply
    1. zammirribah Post author

      melihat track record teman-teman saya yang dari SMK banyak juga yang bisa masuk di fakultas-fakultas yang mayoritas kuliahnya pas jurursan berbasis pelajaran fisika seperti FMIPA, FTMD, FTI, bahkan FTTM :). Yakin pasti bisa kok, tetap semangat buat masuk ITB 😀

      Reply
    1. zammirribah Post author

      kalau standar sih memang dari dulu blum ada yang ngasih tau..asalkan nilai rapor nya konsisten dan mengalami progres itu cukup membuat kita yakin untuk masuk ITB kok 🙂

      Reply
    1. zammirribah Post author

      kalau untuk SBMPTN 2014 masih bisa ikut. untuk lebih jelasnya bisa membaca postingan saya tentang SBMPTN atau ke situs sbmptn.or.id 🙂

      Reply
      1. zammirribah Post author

        selain bidikmisi sih banyak bgt, asal masuk jadi mahasiswa dulu. Nanti pengurusan beasiswa ,termasuk syarat2nya, bisa lewat lembaga kemahasiswaan ITB :). yang penting semangat buat masuk ITB dulu..beasiswa mah gampang hehe

  5. Putri

    Assalamualaikum,
    kak ada jalaur lain tidak? selain snmptn dan sbmptn untuk masuk ke FMIPA ITB khusus astronomi ?

    Reply
  6. fika

    Saya smk jurusan analis kimia berarti kalo mau masuk fttm harus lewat sbmptn, nggak bisa lewat snmptn ya kak?

    Reply
  7. Tanando Tanzaq

    Maaf kak, sya ini bru naik kelas XII jurusan ipa, saya sangat ingin masuk BIUS farmasi, caranya gimna ya??tolong dipandu kak

    Reply
    1. zammirribah Post author

      Maaf balasnya lama hehe, untuk pertama kali harus dilakukan mungkin coba mencari info tentang Sekolah Farmasi ITB. Kalau beasiswanya bisa ikut bidikmisi bagi yang kurang mampu secara ekonomi. Informasi tentang jalur masuk ITB 2015 masih lama keluarnya hehe. tunggu update info aja ya..atau tanya2 kakak kelas :), semangat

      Reply
    1. zammirribah Post author

      Biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) di ITB maksimal Rp.10 juta per semester, bisa mengajukan keringanan dan bisa gratis kalau ikut beasiswa bidikmisi :). Kalau biaya sampai lulus ya tergantung berapa tahun ybs kuliah di ITB, kalau lama ya pasti banyak.

      Reply
  8. Cantona

    kalo saya nih lulusan 2013 terus mau nyoba masuk itb di sbmptn 2015 nanti dan juga mau dapet beasiswa bidikmisi (maklum, saya pernah kuliah juga tapi karena ortu di phk jadi putus deh). kira-kira bisa ngga ya? terus syaratnya apa?

    Reply
    1. zammirribah Post author

      Bisa kok, untuk syaratnya sih bisa dilihat di http://bidikmisi.dikti.go.id/petunjuk/pedoman
      , tapi pedomannya masih buat tahun 2014. Beberapa syarat yang saya anggap penting yaitu Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), penghasilan keluarga dibagi jumlah anggota keluarga tidak boleh lebih dari Rp.750rb. Untuk lebih jelasnya mungkin bisa menunggu pedoman buat bidikmisi 2015 hehe. semangat 🙂

      Reply
  9. akbar

    ka, mau nanya saya kan lulusan tahun 2013,jurusan teknik mesin di smk swasta yg berakreditasi A,terus bisa gak masuk ke ITB .dan alhamdulillah nilai rata-rata rapor saya terus naik.

    Reply
  10. isnaini

    kak, mau nanya nih. klu nnti 2015 saya pengen msuk FMIPA-fisika ITB tapi di sekolah saya blum ada alumni yang disana, apa saya ada peluang lolos SNMPTN?? mohon sarannya… trimakasih…

    Reply
    1. zammirribah Post author

      Peluang pasti tetap ada, saya dulu juga tidak ada alumni yang masuk ITB kok :), Alhamdulillah masuk FTMD ITB.
      Semangat ya..jadilah pionir dari sekolah kamu !

      Reply
  11. akbar

    saya mau nanya ,kalau bidikmisi itu di khususkan hanya untuk sma ya, kalau smk bisa gak kira-kira.oh iya kan nilai rapor saya dari semester 1-5 rata- rata nya adalah : 81, 83,4, 84,04, 85,3, dan 86. ini bisa dikatakan jelek atau lumayan sihh.. 🙂

    Reply
  12. akbar

    kalau smk jurusan teknik mesin kira-kira bisa lewat jalur snmptn sama bidikmisi ga, soalnya tahun depan, saya pengen masuk ITB ..MOHON masukannya…terimakasih 🙂

    Reply
  13. Syafri Andika

    Kak,,,saya mau numpang nanya…
    Klo uang semestrr di teknik mesin dan dirgantara, berkisar berapa juta???
    # mohon balasannya…

    Reply
  14. evi nur baiti

    saya akan ikut ayah ke bandung saya santri di jombang jawa timur saya kelas 3 man bentar lagi lulus saya ingin kuliah di itb dengan beasiswa agar ayah saya bangga bgaimana caranya

    Reply
  15. Iif

    Kak, saya SMK jurusan Multimedia saya niat dan punya keinginan masuk ITB fsrd itu bisa ? Kalo bisa gimana ya caranya. Atas balasannya terimakasih

    Reply
  16. Rizqy Maulana Hakim

    Assalamualaikum,kak saya kelas xii dari ips,pengen masuk fsrd melalui snmptn,tapi sekolah saya di madrasah MAN 1 bandung,apakah bisa ? Wasalam.

    Reply
    1. zammirribah Post author

      daftar aja udah 🙂 kalau emang suka kenapa enggak? belum telat kok untuk tahu dan belajar tentang astronomi. Semangat SNMPTNnya 🙂

      Reply
  17. Stress Milih Snmptn

    Pilihya berdasarkan Fakultas kan, bukan Jurusan. Dan selama 1 tahun kita ada TPB di Fakultas tesebut. Tapi di semester ketiga saat ‘penjurusan’, apakah kita akan masuk jurusan yang kita inginkan sejak masuk fakultas, atau akan dimasukkan ke jurusan yang ternyata kita terbukti lebih cocok di selama TPB? Tolong dijawab! Terima kasih!!

    Reply
    1. zammirribah Post author

      pertimbangan untuk masuk jurusannya adalah:
      1. Minat
      2. Kalau banyak yang minat dan peminatnya melebihi kuota,maka harus bersaing IPK.
      3. Kalau IPK nya tak mencukupi, ya bisa terlempar ke pilihan ke dua dan seterusnya.
      Begitu 🙂

      Reply
  18. Surya Setya Hutama

    Salam kenal mas, saya lulusan SMA 2014/2015 program IPS.
    Apakah saya bisa mengikuti SBMPTN(Ujian Tulis) dalam kelompok SAINTEK? soalnya, walaupun saya dari IPS tapi saya ingin sekali masuk FTMD.
    Terima kasih:).

    Reply
  19. Mahfud

    bro, ane mau tahun ini daftar sbmptn SITH ITB. Sempet di rekomendasi bidikmisi dari sekolah cuman dinyatakan gak lolos verifikasi di penghasilan orang tua. Nah yang mau ane tanyain, jika nanti ane masuk ITB bayar UKT nya itu per bulan apa? apa bisa minta keringanan sampai 100% tanpa bidikmisi atau ada alternatif beasiswa lain yang fasilitas nya sama seperti bidikmisi ( full beasiswa + uang hidup) yang bisa di dapat di semester pertama.

    Terima kasih atas jawabanya 🙂

    Reply
    1. zammirribah Post author

      UKT di ITB bayarnya per semester, maks Rp.10juta. Bisa mengajukan subsidi menjadi 8juta atau 4juta. Alternatif beasiswa banyak sekali yang mirip sama bidikmisi, asal yang penting bisa lolos SBMPTN hehe. Uang yang diterima memang gak sebanyak bidikmisi, cuma lumayan buat meringankan beban ortu 🙂

      Reply
      1. mahfudariff

        Hmm per semester jadi selambat lambatnya di bayar di bulan ke- 6 kuliah ya?

        Selama ini mau kuliah di ITB karena ngarepin bidikmisi jadi gak ngerepotin ortu lagi. Apa bisa dapet beasiswa di semester awal? Jadi nanti setelah masuk itb nyari beasiswa untuk biaya full sampai s1 atau sama kayak bidikmisi tadi, tinggal kuliah gak mikirin biaya lagi tinggal jaga prestasi aja. Apa ada beasiswa yang seperti itu? Karena yang ane tau beasiswa itu harus ada prestasi ketika kuliah, misal dilihat dari ipk semester pertama . sedangkan ane berharap ada beasiswa yang mengcover dari awal ane masuk itb .

      2. zammirribah Post author

        Intinya yang penting masuk dulu, masalah beasiswa insya allah gampang. semua beasiswa memang ada syarat prestasi, termasuk bidikmisi juga. Kalau beasiswa yang besarnya sepadan dengan bidikmisi memang tidak ada. Bidikmisi itu beasiswa paling besar ngasih biayanya. Beasiswa yang bisa diambil oleh maba selain bidikmisi yaitu BIUS (beasiswa ITB untuk semua), besarannya lumayan buat mengganti/ mengurangi besar UKT

  20. Rien

    Kak aku lulusan 2012, sekarang aku kuliah di fak. Pendidikan.
    Tp kyaknya ga dapet feelnya disitu, kira-kira bisa ga masuk ke fak. Arsitektur?
    Aku waktu SMA jurusan IPS.

    Reply
    1. zammirribah Post author

      kalau ikut sbmptn 2015 sudah tidak bisa :(, sayang banget kan sudah tingkat 3 tapi mau pindah. Lanjutkan sampai lulus aja hehe

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s